Tuesday, May 3, 2011

Tip dan Trik Windows 7

Hai kawan-kawan.. kembali saya posting sesuatu yang agak perlu untuk kita tau bersama. yakni masalah windows 7, karena sekarang lagi trendnya. mungkin hanya beberapa saja. Berikut adalah beberapa tip dan trik untuk membantu memaksimalkan operating system Microsoft yang baru tersebut. Kita akan fokus dulu ke interface Windows 7. Dan setelah melihat beberapa tip dan trik dasar untuk melepaskan kekuatan dari user interface Windows 7 yang baru, kita lihat tip tambahan untuk meningkatkan daya guna, kinerja, dan membantu mengamankan Windows 7.
ok kawan. kita mulai dari:


Shortcut Keyboard
Anda bisa menyeret dan menjatuhkan jendela ke bagian samping layar dengan mouse, atau menyeretnya ke atas untuk memaksimalkan jendela. Namun, dengan shortcut keyboard, Anda bisa lebih cepat. Tekan tombol [Windows]+[Panah Kiri] dan [Windows]+[Panah Kanan] untuk memindahkan jendela ke pinggir kiri dan kanan layar. Tekan tombol [Windows]+[Panah Atas] dan [Windows]+[Panah Bawah] untuk memaksimalkan, dan mengembalikan/meminimalkan jendela. Tekan tombol [Windows]+M untuk meminimalkan semua jendela yang terbuka. Tekan tombol [Alt]+[Panah Atas], [Alt]+[Panah Kiri], [Alt]+[Panah Kanan] untuk navigasi ke folder parent atau browse Back dan Forward pada Windows Explorer. Tekan tombol [Windows]+[Home] untuk meminimalkan/mengembalikan semua jendela, kecuali jendela aktif. Tekan tombol [Alt]+[Windows] untuk mengakses Jump List program ke “#” pada taskbar.

Mengatur Icon System Tray

Anda bisa mengatur icon pada taskbar sesuai keinginan dan menjalankan instance yang baru (atau pindah ke yang sedang berjalan) dari sepuluh program pertama pada taskbar dengan menggunakan [Windows]+1, [Windows]+2, dan seterusnya. Hal menyenangkan lainnya adalah Anda juga bisa mengatur icon pada system tray. Atur ulang urutan mereka atau pindahkan ke luar/dalam tray. Pilih icon yang ingin selalu Anda lihat dan aplikasi mana yang ingin Anda ketahui notifikasinya.

Akses Jump List dengan Tombol Kiri Mouse
Jump List biasa tampil ketika Anda mengklik kanan icon pada taskbar. Namun, mereka juga bisa diakses dengan menahan tombol kiri mouse dan seret ke atas. Jika Anda menggunakan touchpad laptop atau touch screen, ini lebih nyaman karena Anda tidak harus mengklik tombol lain untuk mengakses jump list.

Memasukkan Folder ke Favorites


Anda bisa memasukkan folder atau Libraries ke bagian Favorites Windows Explorer. Untuk melakukannya, buka folder pada WIndows Explorer, klik kanan Favorites, lalu pilih Add current location to Favorites. Sekarang, Anda bisa dengan cepat mengakses folder favorit semudah menyimpan file.

Menempelkan Folder yang Sering Digunakan ke Taskbar

Klik kanan, seret, dan tempelkan folder favorit Anda ke icon Windows Explorer pada taskbar. Folder sekarang akan ditampilkan pada Jump List ketika Anda mengklik kanan icon Windows Explorer pada taskbar sehingga Anda bisa mengakses folder favorit dengan cepat.

Atur Tombol Power

Jika misalnya Anda lebih sering restart komputer daripada shutdown, ubah default tombol power dari Shutdown ke Restart. Klik kanan Start, pilih Properties, dan set Power button action ke tindakan yang biasanya Anda lakukan.

sumber : tentang it

0 comments:

Post a Comment